Workshop Daring Pengembangan Repositori Institusi Perguruan Tinggi Batch V ~ 28-29 Juni 2021

Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan daya saing bangsa. Perguruan tinggi sendiri dalam proses pendidikannya tidak akan terlepas dengan kewajiban mengemban tri dharma perguruan tinggi yaitu : 1) Pendidikan dan Pengajaran; 2) Penelitian dan Pengembangan; dan 3) Pengabdian kepada Masyarakat. Perpustakaan, sebagai salah satu unit dari sebuah perguruan tinggi juga menjadi salah satu bagian penting dalam menunjang tri dharma perguruan tinggi. Yang mana perpustakaan merupakan sumber informasi dan sarana transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat menuntut peran perpustakaan menjadi lebih penting. Perpustakaanjuga diharapkan untuk lebih membuka diri dan mampu mengembangkan misi dan visinya serta dapat memberikan kemudahan-kemudahan kepada pengguna.

Perpustakaan sebagai sumber informasi yang mana menyimpan hasil karya manusia, baik itu karya cetak maupun karya digital harus dapat digunakan untuk mempermudah proses pencarian informasi dengan tepat,cepat dan lengkap. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan preservasi terhadap lokal konten intelektual yang dihasilkan oleh sivitas akademika atau yang disebut sebagai repository institusi. Sesuai dengan Surat Edaran Nomer B/565/B.B1/HK.01.01/2019 tentang Sarana Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa yang pada salah satu poinnya disebutkan hasil karya ilmiah sivitas harus diunggah di repositori perguruan tinggi. Selain itu, repositori institusi juga digunakan untuk keperluan pengajuan angka kredit dosen (PAK) sesuai dengan Surat Edaran DIKTI No. 1864/E4/2015 tanggal 15 Oktober 2015 perihal PAK Dosen serta Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen tahun 2019.

Oleh karena itu, mengenali dan mengetahui seluk beluk dari repositori institusi menjadi salah satu opsi untuk meningkatkan layanan yang ada di perpustakaan. Mengingat belum semua perpustakaan dan institusi memiliki dan memahami guna serta manfaat dari hadirnya repositori institusi, maka FPPTI Jawa Timur sebagai forum komunikasi perpustakaan swasta terbesar di Jawa Timur bermaksud untuk mengadakan workshop repositori institusi kepada pustakawan khususnya dan universitas umumnya sebagai jawaban atas tantangan tersebut.

Hari & Tanggal:Senin-Selasa, 28-29 Juni 2021
Pukul:09.00 - Selesai
Tempat:Daring via Zoom
Investasi:Anggota Hosting Repo FPPTI JATIM : GRATIS 1 Peserta
Anggota FPPTI JATIM : Rp. 155.000 per peserta
Non Anggota FPPTI JATIM : Rp. 255.000 per peserta

Sudah termasuk eSertifikat dan eMateri. Dapatkan Doorprize dan Diskon 25% pendaftaran anggota baru hosting Repo FPPTI JATIM Tahun 2021(*). (Syarat dan ketentuan berlaku)

Pembayaran via transfer maksimal diterima tanggal 27 Juni 2021.

Pembayaran ditransfer ke :
No. Rek : 6730 2008 36
Bank : BCA
Cabang: KaCaPem Rungkut Megah
A/N : Deasy Kumalawati
(bukti transfer diunggah pada waktu registrasi)
Narasumber:Vincentius Widya Iswara, SS., MA.
(Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)
Amirul Ulum, S.Sos., M.IP
(Universitas Surabaya)
Agung Prasetyo Wibowo, AP.
(Universitas Dinamika d.h Stikom Surabaya)
Informasi & Pendaftaran:Melati (Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang)
No. Hp/WA : 0813-3527-2897

Lasi (Universitas Surabaya)
No.Hp/WA : 0821-3690-5720

Pendaftaran online bisa dilakukan di : http://bit.ly/Form_IR_V

Untuk info lebih lengkap, silahkan download dokumen-dokumen berikut :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.