Bimbingan Teknis Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi Kerjasama FPPTI Jawa Timur – LLDIKTI Wilayah VII

(Rabu, 18 Mei 2022) Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) wilayah Jawa Timur bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah VII melalui kegiatan Bimbingan Teknis Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi. Dalam upaya pengembangan SDM khususnya untuk kepala perpustakaan Perguruan Tinggi di Jawa Tmiur agar dapat mengembangkan daya saing dan mampu melakukan pengembangan perpustakaan sesuai dengan tantangan saat ini.

Bimtek Kaperpus Perguruan Tinggi ini diselenggarakan di Hotel Gunawangsa Merr Surabaya pada tanggal 18-19 Mei 2022, peserta sekitar 50 Kepala perpustakaan wilayah Surabaya dan sekitarnya. Dan kegiatan tersebut akan berlanjut untuk korwil lain yang ada di FPPTI Jatim. Dengan narasumber yang pakar dibidangnya yaitu Bapak Ida Fajar Priyanto, Ph.D. (UGM) dengan tema Library and Librarian Branding dan Bapak Dr. Koko Srimulyo, M.Si. (UNAIR) dengan tema MSDM dan Psikologi Pustakawan serta pengurus FPPTI Jawa Timur dengan berbagai materi yang menarik.

Menurut Prof Suprapto (Ketua LLDIKTI Wilayah VII) selaku general speaker kegiatan Bimtek ini sangat bagus sekali dan harus ditindaklanjuti agar dapat mengembangkan perpustakaan perguruan tinggi dengan baik dan selaras dengan program MBKM. Perpustakaan harus bisa masuk ke dalam IKU dengan baik salah satunya seperti SDM yang kompeten, Sarana prasarana yang mendukung ditunjang dengan Teknologi Perpustakaan yang modern siap untuk diakses dari mana saja dan kapan pun. Beliau sangat berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh dan dilakukan oleh perguruan tinggi lain diwilayah LLDIKTI yang lain, untuk mengembangkan SDM Pustakawan dan Perpustakaan Perguruan Tinggi menjadi lebih baik dan siap menghadapi tantangan.

Perpustakaan diharapkan lebih membuka diri dan mampu mengembangkan visi dan misinya serta selalu berinovasi untuk menjawab tantangan yang ada. Branding Perpustakaan juga sangat diperlukan lebih dari sekedar identitas atau tingkat awareness tentang perpustakaan. Bagaimana meningkatkan pengalaman pemustaka di perpustakaan baik melalui berbagai macam layanan dan juga inovasi sehingga perpustakaan dapat menjadi public Happiness kata Pak Ida.

Seperti yang Pak Ida sampaikan Branding perpustakaan sangat penting karena hal tersebut akan melekat pada diri pustakawan dan perpustakaan, identitas tersebut akan dikenal dan dikenang. Dan Perpustakaan harus selalu berkembang mengikuti perkembangan dan kemajuan serta menjawab tantangan saat ini agar selaras dengan Tri darma perguruan tinggi serta mendukung program MBKM. [Humas FPPTI Jatim]

Bimtek Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi FPPTI JATIM 2022

Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan daya saing bangsa. Perguruan tinggi sendiri dalam proses pendidikannya tidak akan terlepas dengan kewajiban mengemban tri dharma perguruan tinggi yaitu : 1) Pendidikan dan Pengajaran; 2) Penelitian dan Pengembangan; dan 3) Pengabdian kepada Masyarakat.

Perpustakaan, sebagai salah satu unit dari sebuah perguruan tinggi juga menjadi salah satu bagian penting dalam menunjang tri dharma perguruan tinggi. Yang mana perpustakaan merupakan sumber informasi dan sarana transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat menuntut peran perpustakaan menjadi lebih penting. Perpustakaan juga diharapkan untuk lebih membuka diri dan mampu mengembangkan misi dan visinya serta dapat memberikan kemudahan-kemudahan kepada pengguna sivitas akademika yang dilayani pada khususnya dan pengguna masyarakat luas pada umumnya.

Read More

FGD : Sosialisasi Keanggotaan, Aplikasi SISKA dan Kartu Super Online

Rabu, 19 Januari 2022. Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia wilayah Jawa Timur menyelenggarakan seminar FGD (Forum Group Discussion) dengan tema Sosialisasi Keanggotaan, Aplikasi SISKA dan Kartu Super Online. Kegiatan ini dapat diikuti oleh anggota FPPTI Jawa Timur (free) dan mendapat e sertifikat. FGD ini bertujuan memberikan informasi kepada anggota yang tergabung dalam FPPTI Jawa Timur baik mengenai periode masa keanggotaan, layanan kartu super secara online dan pemanfaatan SISKA sebagai data perpustakaan. Seminar FGD ini dilaksanakan secara online melalui zoom dengan peserta lebih dari 160 instansi.

Menurut Agung Prasetyo Wibowo, Kartu Super online ini sangat efisien dan simple serta cukup membantu para pemustaka antar institusi untuk saling kunjung tanpa repot lagi dengan surat pengantar. Dan Aplikasi SISKA dapat diakses oleh seluruh anggota FPPTI karena sistem tersebut merupakan data terpusat untuk seluruh anggota FPPTI baik pusat maupun daerah. Melalui akses berikut http://fppti.or.id/siska/ anggota dapat cetak mandiri sertifikat keanggotaan FPPTI, melengkapi data Perpustakaan (update), cek tagihan jumlah perpanjangan anggota. Setelah transfer sebesar 250K ke rek bendahara untuk perpanjangan anggota FPPTI Jawa Timur dapat dilanjutkan akses ke SISKA untuk mencetak sertifikat keanggotaan yang terbaru (Info Bu Dwi Nuriana).

Info tentang pendaftaran anggota serta perpanjangan dapat melakukan konfirmasi dengan mengisi form di http://bit.ly/anggotafpptijatim/ atau kontak langsung pada Bidang keanggotaan yaitu Dwi Nuriana, Surya Dannie, Maria (akun siska). Acara berjalan dengan hangat dan lancar, serta ditutup dengan info tiga peserta yang mendapatkan doorprise.

Materi Download :

  1. Materi SISKA dan Keanggotaan
  2. Materi Kartu Super Online

PEDULI SEMERU : FPPTI JATIM Mengirimkan Bantuan Secara Langsung ke Daerah Terdampak (Lumajang dan sekitarnya)

FPPTI Jawa Timur dalam kegiatan sosial yaitu Peduli Semeru di daerah terdampak Lumajang. Donasi yang telah terkumpul baik berupa pakaian, kebutuhan pokok, sembako maupun finansial telah disalurkan langsung ke beberapa daerah terdampak seperti di desa Sumber Wuluh, Desa Pasirian, Desa Besuk, kelurahan Tempeh, kecamatan Candipuro, Lumajang. Pengiriman donasi tahap kedua ini dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2021 bekerjasama dengan Humas Universitas Dinamika dan Jalapati (TNI AL). Pengiriman dilakukan dengan menggunakan truk TNI AL dan beberapa kendaraan untuk turun ke desa-desa tersebut.

Read More

Rapat Kerja FPPTI Jawa Timur (19–20 November 2021)

Agenda akhir tahun FPPTI Jatim yaitu laporan dari masing-masing bidang di tahun 2021. Hal ini ditindaklanjuti dengan kegiatan Raker FPPTI Jatim yang dilaksanakan di Rais Hotel Malang, tanggal 19 – 20 November 2021. Raker ini merupakan kegiatan rapat offline pertama, diikuti oleh sebagian besar pengurus dan ada beberapa yang mengikuti melalui zoom. Dihadiri pula oleh penasihat FPPTI Jatim yaitu Ibu Welmin S.Ariningsih, dra.,M.Lib dan Ibu Munawaroh, M.Si. yang memberikan arahan dan motivasi bagi semua pengurus. Disampaikan pula oleh Bu Welmin untuk mulai menyiapkan tongkat estafet kepemimpinan dan regenerasi pengurus.

Read More