Musyawarah Daerah IV FPPTI Jawa Timur

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur lahir pada tanggal 9 Desember 2009 sebagai jawaban atas kebutuhan akan kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur. Beberapa pimpinan perpustakaan perguruan tinggi pada tanggal tersebut berkumpul di Universitas Airlangga Surabaya bertekad mewujudkan kerjasama yang berdaya guna bagi sivitas akademika masing-masing maupun masyarakat secara luas.

Dengan semangat kebersamaan yang tinggi terbitlah Kartu SUPER (Sarana Untuk ke Perpustakaan) pada bulan Juli 2010 sebagai sumbangsih perwujudan forum kerjasama dan cita-cita yang berkelanjutan secara terus menerus. Tahapan berikutnya adalah mengadakan Musyawarah Daerah yang diadakan setiap 3 tahun sekali yakni Musda I FPPTI Jawa Timur yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Malang dengan hasil membentuk kepengurusan FPPTI Jawa Timur periode 2010-2013, Musda II yang diadakan di Ubaya Training Center (UTC) dengan hasil membentuk kepengurusan FPPTI Jawa Timur periode 2013-2016, dan Musda III FPPTI Jawa Timur yang diadakan di STKIP PGRI Sumenep dengan hasil membentuk kepengurusan FPPTI Jawa Timur periode 2016-2019.

Berbagai kegiatan telah dilakukan diantaranya Konferensi, lokakarya dan pelatihan dalam bidang perpustakaan, informasi serta teknologi informasi, selain itu FPPTI Jawa Timur juga menjalankan program konsorsium e-resources (ebook dan ejournal), plagiarism checker, hosting repositori, serta memberikan pendampingan kepada anggota FPPTI Jawa Timur terkait dengan pengembangan perpustakaan dan teknologi informasi. Kegiatan tersebut mengacu pada hasil Rapat Kerja Pengurus Harian yang dilaksanakan setiap tahun dan rapat koordinasi yang dilakukan secara rutin sebagai implementasi program kerja masing-masing Koordinator Bidang.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepengurusan periode 2016-2019 dan dalam rangka keberlanjutan organisasi untuk memilih Ketua FPPTI Jawa Timur 2019-2022, maka dilaksanakan Musyawarah Daerah IV FPPTI Jawa Timur tahun 2019. Musyawarah Daerah IV juga akan dilaksanakan Seminar dan Workshop yang bertujuan sebagai media bagi pustakawan untuk menambah pengetahuan, skill dan juga sebagai media sharing informasi bidang perpustakaan, informasi dan teknologi informasi. Pada kegiatan Musyawarah Daerah IV juga akan diadakan launching “Buku Spirit of Networking FPPTI Jawa Timur” mengenai kiprah FPPTI Jawa Timur sejak awal berdiri hingga saat ini dan juga profil unik dari masing-masing Anggota FPPTI Jawa Timur. Dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Daerah IV FPPTI Jawa Timur, kami juga memiliki agenda penandatanganan Naskah Kesepahaman Bersama (MOU) antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur.

Tema kali ini adalah ” A Paradigm Shift for Library in Society 5.0

Pelaksanaan Musyawarah Daerah IV FPPTI Jawa Timur :

Hari/Tanggal : 20-22 November 2019
Waktu           : 09.00 – 19.00 wib
Tempat          : Universitas Muhammadiyah Malang, Jl. Raya Tlogomas No. 246, Malang

SEMINAR DAN WORKSHOP
Peserta adalah pustakawan di Jawa Timur, pemerhati perpustakaan dan masyarakat umum yang berminat

MUSYAWARAH DAERAH
Peserta kegiatan MUSYAWARAH DAERAH IV adalah anggota FPPTI Jawa Timur

PENANDATANGAN NASKAH KESEPAHAMAN BERSAMA (MOU)
Agenda penandatanganan Naskah Kesepahaman Bersama (MOU) antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur.

Untuk pendaftaran, bisa klik di http://bit.ly/musdajatim2019

Download :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.