Bimbingan Teknis Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi – FPPTI Jawa Timur

(Rabu, 18 Mei 2022) Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) wilayah Jawa Timur melalui kegiatan Bimbingan Teknis Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi, dalam upaya pengembangan SDM khususnya untuk kepala perpustakaan Perguruan Tinggi di Jawa Timur agar dapat mengembangkan daya saing dan mampu melakukan pengembangan perpustakaan sesuai dengan tantangan saat ini.

Bimtek Kaperpus Perguruan Tinggi ini diselenggarakan di Hotel Gunawangsa Merr Surabaya pada tanggal 18-19 Mei 2022, peserta sekitar 50 Kepala perpustakaan wilayah Surabaya dan sekitarnya. Dan kegiatan tersebut akan berlanjut untuk korwil lain yang ada di FPPTI Jatim. Dengan narasumber yang pakar dibidangnya yaitu Bapak Ida Fajar Priyanto, Ph.D. (UGM) dengan tema Library and Librarian Branding dan Bapak Dr. Koko Srimulyo, M.Si. (UNAIR) dengan tema MSDM dan Psikologi Pustakawan serta pengurus FPPTI Jawa Timur dengan berbagai materi yang menarik.

Menurut Prof Suprapto (Ketua LLDIKTI Wilayah VII) selaku general speaker kegiatan Bimtek ini sangat bagus sekali dan harus ditindaklanjuti agar dapat mengembangkan perpustakaan perguruan tinggi dengan baik dan selaras dengan program MBKM. Perpustakaan harus bisa masuk ke dalam IKU dengan baik salah satunya seperti SDM yang kompeten, Sarana prasarana yang mendukung ditunjang dengan Teknologi Perpustakaan yang modern siap untuk diakses dari mana saja dan kapan pun. Beliau sangat berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh dan dilakukan oleh perguruan tinggi lain diwilayah LLDIKTI yang lain, untuk mengembangkan SDM Pustakawan dan Perpustakaan Perguruan Tinggi menjadi lebih baik dan siap menghadapi tantangan.

Perpustakaan diharapkan lebih membuka diri dan mampu mengembangkan visi dan misinya serta selalu berinovasi untuk menjawab tantangan yang ada. Branding Perpustakaan juga sangat diperlukan lebih dari sekedar identitas atau tingkat awareness tentang perpustakaan. Bagaimana meningkatkan pengalaman pemustaka di perpustakaan baik melalui berbagai macam layanan dan juga inovasi sehingga perpustakaan dapat menjadi public Happiness kata Pak Ida.

Seperti yang Pak Ida sampaikan Branding perpustakaan sangat penting karena hal tersebut akan melekat pada diri pustakawan dan perpustakaan, identitas tersebut akan dikenal dan dikenang. Dan Perpustakaan harus selalu berkembang mengikuti perkembangan dan kemajuan serta menjawab tantangan saat ini agar selaras dengan Tri darma perguruan tinggi serta mendukung program MBKM. [Humas FPPTI Jatim]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.