Pemilihan “Indonesian Academic Librarian Award” (IALA) FPPTI Jawa Timur 2019

Era informasi dan semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi dalam segala bidang termasuk perpustakaan telah merubah pola pikir pustakawan dalam bekerja. Pada era ini, pustakawan harus adaptif melihat perubahan dan tidak berkutat pada kegiatan teknis perpustakaan. Pustakawan harus dapat merevolusi perubahan kinerja Perpustakaan yang dulunya pasif menjadi pro-aktif pada pengguna. Di ranah Perpustakaan Perguruan Tinggi, perpustakaan tidak hanya sebagai penyedia layanan informasi saja tetapi juga sudah mulai aktif mulai terlibat dalam kegiatan scholarship communication serta kegiatan sejenisnya yang berfungsi mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Melihat fenomena tersebut, FPPTI merasa perlu mengapresiasi peran pustakawan perguruan tinggi sehingga diharapkan dapat lebih bangga terhadap profesinya dan sebagai media promosi profesi pustakawan kepada masyarakat. Bentuk apsesiasi ini diwujudkan acara Indonesian Academic Librarian Award (IALA) tahun 2019.

Kegiatan Indonesia Academic Librarian Award (IALA) 2019 merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya (tahun 2017 dan 2018) maka FPPTI Jawa Timur akan menyelenggarakan kegiatan pemilihan pustakawan berprestasi tingkat perguruan tinggi wilayah Jawa Timur, dimana yang menjadi juara akan menjadi perwakilan FPPTI Jatim dalam pemilihan Indonesia Academic Librarian Award (IALA) 2019 yang diselenggaran Pada Acara Semiloka Nasional Kepustakawan Indonesia dan SNIPer di Hotel Novotel – Bandar Lampung, 2–4 Oktober 2019.

(more…)

Read More

[Workshop] Pengembangan Repositori Institusi Perguruan Tinggi dan Integrasi RAMA RistekDikti – Batch IV

Sebagai penyedia layanan, perpustakaan dituntut  untuk memiliki wadah khusus yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pencarian informasi dengan tepat, cepat dan lengkap. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan preservasi terhadap lokal konten intelektual yang dihasilkan oleh sivitas akademika atau yang disebut sebagai repositori institusi. Repositori institusi selain berfungsi sebagai penyimpanan dan pelestarian juga digunakan untuk keperluan Pengajuan Angka Kredit dosen (PAK) sesuai dengan Surat Edaran DIKTI No. 1864/E4/2015 tanggal 15 Oktober 2015 perihal PAK Dosen.

Selain itu juga merujuk pada Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti Nomor : B/323/B.B1/SE/2019 tanggal 21 Mei 2019 tentang Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Magister dan Doktor yang dimuat pada Repositori Institusi agar dapat diintegrasikan pada Portal Repositori Tugas Akhir Mahasiswa Kemenristekdikti RAMA (rama.ristekdikti.ac.id).

Untuk mengenali dan mengetahui seluk beluk dari repositori institusi sebagai salah satu opsi untuk meningkatkan layanan yang ada di perpustakaan, serta mengingat belum semua perpustakaan dan institusi memiliki dan memahami manfaat dari hadirnya repositori institusi, FPPTI-Jawa Timur sebagai forum komunikasi perpustakaan negeri dan swasta di Jawa Timur bermaksud untuk mengadakan program pengenalan repositori institusi kepada pustakawan khususnya dan universitas umumnya sebagai jawaban atas tantangan tersebut.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kerjasama Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Jawa Timur (FPPTI Jatim) dengan LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur serta Perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. (more…)

Read More

WORKSHOP LITERASI INFORMASI, ANTIPLAGIARISME DAN PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE UNTUK MENUNJANG PENELITIAN DI PERGURUAN TINGGI

  1. Latar belakang

Berkembanganya teknologi informasi secara pesat, tidak hanya mengubah kehidupan manusia pada umumnya, namun juga telah membentuk dunia perpustakaan dan kepustakawanan dalam melayani penggunanya, yang mayoritas adalah generasi digital. Generasi digital ini memiliki karakteristik khusus dalam cara belajar, mencari serta mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Selain itu, serbuan informasi yang tersedia secara luas menjadi tantangan tersendiri bagi generasi ini untuk memenuhi kebutuhan informasinya secara cepat, tepat, dan kredibel. Oleh karena itu, sebagai penyedia layanan, pustakawan dituntut untuk memiliki kompetensi khusus bagaimana dapat mencari informasi dengan tepat, mendapatkan informasi dari sumber-sumber yang kredibel, serta menggunakan informasi tersebut secara benar dan etis. Kompetensi ini tidak hanya untuk dimiliki sendiri, namun juga untuk diajarkan secara kreatif dan efektif kepada penggunanya agar dapat secara mandiri memenuhi kebutuhan informasinya dengan tepat dan dapat mendukung pembelajaran seumur hidup.

 

Pengelola perpustakaan saat ini, khususnya di Jawa Timur, dimana juga belum sepenuhnya dikelola oleh pustakawan ataupun tenaga teknis perpustakaan, dinilai perlu untuk dibekali kompetensi ini secara utuh sehingga dapat meningkatkan kualitas layanannya sesuai dengan perkembangan teknologi dan serbuan informasi yang ada. Oleh karena itu, FPPTI-Jawa Timur mengadakan pelatihan instruktur literasi informasi sebagai jawaban atas tantangan tersebut.

 

  1. Tujuan

  • Melatih pustakawan dan pengelola perpustakaan untuk menguasai literasi informasi guna mendukung pencarian informasi yang cepat, tepat dan kredibel, mendukung penulisan karya ilmiah serta menciptakan atmosfir akademis yang baik
  • Mempersiapkan peserta untuk menjadi instruktur literasi informasi di institusi atau wilayah masing-masing

 

  1. Peserta

  • Pustakawan atau pengelola perpustakaan perguruan tinggi
  • Pustakawan atau pengelola perpustakaan sekolah dan khusus
  • Pekerja informasi

 

  1. Nara Sumber

  • Chandra Pratama Setiawan, S.IIP., MSc.(UK Petra)
  • Kristina, M.IP (STIESIA)
  • Novita Dwi Anawati, S.Sos., M.Sc. (Unair)
  • Vincentius Widya Iswara, SS., MA. (UKWMS)

 

  1. Materi Pelatihan

Basic

  • Pengenalan literasi informasi
  • Analisa kebutuhan informasi
  • Penelusuran informasi
  • Evaluasi sumber-sumber informasi
  • Plagiarisme dan pencegahannya
  • Pemanfaatan aplikasi Google

 

  1. Lokasi

Hotel Bintang Mulia

       Jl. Nusantara No.18, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Jember, Jawa Timur, 68133

 

  1. Waktu pelaksanaan

Hari /Tanggal  :  26 s.d. 27 Maret 2019

Pukul               : 08.00 s.d. 16.00 WIB

 

  1. Biaya Pendaftaran

Anggota FPPTI           : Rp. 650.000 / peserta

Non Anggota              : Rp. 750.000 / peserta

 

       Tambahan Paket Shared-room Hotel Bintang Mulia: Rp.200.000/orang

       1 Kamar 2 Orang, Kuota Terbatas

 

Transfer ke rekening FPPTI-Jatim

No. rek. BCA : 6730 2008 36

A/N : Deasy Kumalawati (KaCaPem Rungkut Megah, Surabaya).

Pendaftaran paling lambat 20 Maret 2019 melalui link

http://bit.ly/ILJATIMUMJ

 

     9. Susunan Acara

S E Materi
Hari Pertama
8:00 9:00 Registrasi + Coffee Break
9:00 9:30 Pembukaan + Perkenalan
9:30 10:30 Pengantar Literasi Informasi
10:30 11:30 Identifikasi kebutuhan pengguna
11:30 12:30 Ishoma
12:30 15.00 Penelusuran informasi
15.00 15.15 Coffee Break
15:15 16:00 Evaluasi sumber-sumber informasi
Hari Kedua
8:00 8:30 Registrasi
9:00 12:00 Plagiarism, Mendeley + Google
12:00 13:30 Ishoma
13.30 14:00 Pengayaan teori
14:00 14:30 Coffee break
14:30 15:00 Penutupan

Read More

E-resources and Antiplagiarism Workshop Series : Pemberdayaan Konsorsium FPPTI Jatim dalam Mendukung Publikasi Karya Ilmiah

Konsorsium e-journal, ebook dan antiplagiarisme FPPTI JATIM 2018 telah dimulai pada bulan April 2018 s/d Maret 2019 terdiri dari Bidang Ekonomi dan Bisnis, Bidang Kesehatan, Bidang Teknik dan Bidang Humaniora serta penggunaan aplikasi plagscan untuk deteksi plagiarisme. Untuk peningkatan akses dan layanan e-journal,ebook serta penggunaan plagscan, maka FPPTI Jawa Timur mengadakan “E-resources and Antiplagiarism Workshop Series : Pemberdayaan Konsorsium FPPTI Jatim dalam Mendukung Publikasi Karya Ilmiah“, yang akan dilaksanakan pada : (more…)

Read More

SLiMS Community Meetup 2018

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dan komunitas SLiMS akan mengadakan SLiMS Community Meetup 2018.

SLiMS Community Meetup kali ini akan mengambil tema “Open Access dan Open Source Sustainability: Tren Perpustakaan di Era Millenial” dan diadakan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

(more…)

Read More